Jumat, 05 Juni 2009

Assalamualaikum wr.wb

Yuhuuu…ini adalah blog pertama saya. Karena blog ini menyangkut mata kuliah saya yaitu kreativitas 2, pertama-tama saya akan membahas apa kreativitas itu.

Oke.. kreativitas itu adalah ide,ekspresi keunikan kita. Setiap manusia pasti mempunyai kekreativitasan yang berbeda. Cara mengekspresikan diri kita sendiri. Dan bagaimana kita mengasah kreativitas tersebut kedalam sesuatu hal.
Saya sebagai mahasiswa desain produk industri yang dimana kreativitas itu sangat penting untuk menghasilkan ide-ide yang cemerlang untuk mendesain atau membuat sesuatu.
Menurut SUN TZU “teratur dan kacau tergantung pada cara mengaturnya”.
Dibawah ini adalah ciri, proses, kendala yang saya dapatkan di semester satu.

Ciri orang kreatif
Keberanian
Ekspresif
Humor
Intuitif

Proses kreativitas
Persiapan
Inkubasi
Iluminasi
Implementasi

Kendala kreativitas
Jawaban yang benar
Itu tidak logis
Bertindak praktis
Ikut aturan
Keliru itu salah
Bermain-main itu ceroboh
Saya tidak kreatif


Jadi definisi kreatif adalah:
BARU : melakukan sesuatu yang berbeda.
UNIK : berbeda
LEBIH BAIK : bermanfaat.

Jadi, melakukan sesuatu yang berbeda (unik) yang dapat bermanfaat bagi semua.

cara saya untuk menciptakan kreativitas itu sendiri dengan Braid Storming, Mind Map, Skamper,Tipologi,Analogi. Itulah yang materi yang saya dapatkan di semester 1.
Saya akan membahas sedikit tentang usaha-usaha untuk menciptakan kreativitas yang saya dapatkan di semester 1.
Biasanya saya menggunakan usaha-usaha tersebut untuk menciptakan kreativitas untuk membuat sesuatu.
Yang pertama adalah brain storming yaitu membuat pertanyaan sebanyak mungkin sampai ‘mentok’ (what is mentok??????)yang berhubungan dengan sesuatu yang ingin ada buat.
Yang kedua mind map (peta pikiran) yaitu membuat bagan (haduuuh,,,susah ngejelasinnya langsung contohnya aja ya..!!)
Misalnya: saya ingin membuat sendok. Sebagai mahasiswa yang kreatif, saya harus membuat sendok yang unik dan bermanfaat.
Dengan berbagai alternatif.
Yang ketiga skamper yaitu Subsitusi, Kombinasi, Adaptasi, Modifikasi, Penggunaan lain, Eliminasi, Reverse(pengaturan ulang).
Yang ke empat tipologi yaitu menghubungkan sesuatu yang jarang dihubungkan.
Ide orisinal digabung dengan pikiran brutal. THE KEY OF TIPOLOGY IS QUANTITY!!!.
YAAAHHH…SEBANYAK-BANYAKNYA.
Misalnya menggambarkan sebanyak mungkin macam-macam alat untuk menulis (ingat apa aja!!!)
Yang ke lima analogi yaitu mencari persamaan di sesuatu hal







Dilihat dengan seksama dinding goa ini mirip seperti kepala ular.
















Apabila di rotate Dinding goa ini mirip seperti bunga bunga yang masih kuncup.







Yaaahh begitulah contohnya analogi.
Banyak disekitar kita sesuatu hal yang dapat kita analogikan sebagai persamaan sesuatu yang baru.

2 komentar:

  1. endii... endas ular e kok... remang2 kaya warung...

    BalasHapus
  2. ijo banget.. siiip
    liat blog gw ya!!
    sabilaproddesigner.blogspot.com!!

    BalasHapus